Cara Mudah Merawat Diskus (Discus)


Memelihara diskus ? diskus kan sulit perawatannya !. Banyak para pencinta ikan hias terutama yang ingin mulai memelihara jenis ikan ini mengatakan hal demikian. Padahal tidak sulit dalam memeliharanya, pemeliharaan ikan ini sama halnya dengan memelihara ikan hias pada umumnya. Tidak membutuhkan keahlian khusus dan perawatannya terbilang mudah. Yang perlu kita ketahui adalah bagaimana dan dalam kondisi bagaimana diskus itu bisa hidup dan apa saja yang perlu kita ketahui untuk memulai memelihara ikan ini.


Seperti ikan-ikan hias pada umumnya, letak keberhasilan dalam merawat diskus adalah penanganan yang benar. Diskus adalah ikan yang membutuhkan kondisi dalam akuarium yang stabil, karena bila kondisi lingkungan labil ikan ini sangat tidak tahan, diskus sangat rentan terhadap sesuatu yang asing baginya. Untuk menciptakan kondisi yang stabil bagi diskus, ada beberapa cara dan hal-hal yang perlu kita perhatikan sebelum meemlihara si ikan gepeng ini.

  1. Belilah ikan diskus di tempat yang dipercaya/benar. Jangan sekali-kali membeli diskus disembarang tempat. Sebab jika kita membeli di tempat yang benar, kita akan bisa mendapatkan ikan yang kondisinya tentu baik. Tidak itu saja, di tempat tersebut kita bisa berkonsultasi bagaimana memelihara ikan diskus yang baik dan benar.
  2. Sediakan Akuarium yang sudah diisi dengan air beserta filter dalam kondisi hidup. Air yang ada dalam akuarium harus diendapkan minimal 24 jam. Tujuannya untuk mengurangi kejenuhan. Air yang belum diendapkan dikhawatirkan masih mengandung bakteri ataupun penyakit lain yang dapat mengancam hidup ikan. Yang tidak kalah penting jangan menggunakan air sumur secara langsung, karena air sumur banyak mengandung zat besi yang tinggi dan tidak baik bagi pertumbuhan ikan.
  3. Suhu air harus berada pada posisi 30 – 32 ° C. Di bawah angka tersebut, ikan akan kehilangan daya tahan tubuh. Diskus akan mudah terserang penyakit yang pada akhirnya yang didapat kematian ikan. Suhu terlalu tinggi juga mengakibatkan ikan ini tidak bertahan lama. Heater harus selalu dalam kondisi ON.
  4. Kebersihan akuarium harus selalu dijaga dengan baik. Untuk itulah seminggu sekali air harus diganti. Penggantian air hanya perlu 40 – 50 % volume air akuarium. Juga, setiap bulan air dalam akuarium beserta perlengkapan filter harus dibersihkan. Setiap pergantian air, masukkan garam ikan sebanyak 1 sendok makan. Pergantian air sendiri dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran seperti lendir ikan. Lendir yang tersisa sangat mudah menimbulkan bakteri ataupun penyakit.
  5. Jangan terlalu banyak memberikan obat-obatan dalam dosis tinggi. Jangan mudah memberi obat jika ikan terkena penyakit. Pemberian obat yang salah, bukan malah menyembuhkan tetapi bisa menyebabkan keracunan pada ikan. Ada baiknya bila ikan kita sakit konsultasikan kepada penjual tempat anda membeli ikan.
  6. Pemberian pakan pada diskus, sebaiknya pakan yang halus, sebab pencernaan diskus lebih kecil dibandingka dengan ikan hias lain yang masih kerabat. Bila diberikan makanan yang kasar pencernaan diskus akan terganggu.
Bila hal-hal tersebut diatas kita perhatikan, maka kita siap memelihara ikan gepeng ini dan ikan akan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Selamat mencoba :)

Referensi : berbagai sumber.